Apa itu ‘Kokology’

Menurut Wikipedia:

Kokology adalah ilmu yang mempelajari kokoro ( Jepang :心) yang dalam bahasa tersebut berarti “pikiran” atau “roh”. Rangkaian buku Kokology diciptakan oleh Tadahiko Nagao dan Isamu Saito, seorang profesor di Rissho dan Universitas Waseda di Jepang dan penulis sejumlah buku laris tentang psikologi dan hubungan. Fokus utama adalah analisis jiwa yang mendalam dengan menggunakan teori-teori dari Freud dan Jung. Pertanyaan Kokology biasanya adalah ” dipandu ” Day Dreams atau Submodalities Buku-buku menyajikan serangkaian psikologis dan hipotesis yang dirancang untuk mengungkapkan sikap tersembunyi seseorang tentang seks, keluarga, cinta, kerja, dan elemen lain dari kehidupan seseorang. Ini pada dasarnya adalah sebuah permainan penemuan diri yang dapat memberikan menarik, dan sering lucu wawasan dengan menjawab pertanyaan topik yang tampaknya tidak bersalah. Buku-buku itu diterbitkan pada tahun 1998 di Jepang dan menjadi fenomena laris di Jepang. Buku-buku itu diterjemahkan dan menjadi tersedia di Amerika Serikat pada tahun 2000. Tips memainkan Kokology: Katakan hal pertama yang muncul di kepala anda. Kalau bisa mainkan bersama orang lain. Jangan berusaha mengira-ngira jawaban Jujurlah dengan diri sendiri Bersiaplah Jangan membaca lebih awal Lihatlah reaksi orang (termasuk diri anda). Tetaplah berpikiran terbuka Tes ini tidak sepenuhnya benar sih… semua kembali kepada-Nya🙂

PERTANYAAN:

 A. Burung berwarna Biru…

Suatu hari ada seekor burung tiba-tiba masuk kerumah anda dan terperangkap didalamnya, andapun berniat untuk memeliharanya, namun ada suatu keanehan yang terjadi pada burung tersebut. Pada hari pertama warna burung tersebut berubah dari biru menjadi kuning, hari kedua berubah lagi dari kuning menjadi merah terang, hari ketiga berubah lagi menjadi hitam. Dan coba pikirkan akan berubah menjadi warna apakah burung tersebut di hari berikutnya, coba pilih salah satu…..

 1. Tetap Hitam.

2. kembali menjadi warna biru.

3. menjadi warna putih.

4. menjadi warna emas.

 B. Dibawah langit biru

Bayangkan anda ada disebuah dataran dengan langit yang begitu biru, dan sekali lagi bayangkan sebuah tempat dimana anda merasa nyaman dan tentram.

Pilih salah satu dari 4 tempat dibawah ini…

 1. dataran yang dipenuhi salju putih.

2. lautan biru.

3. gunung yang hijau.

4. padang yang dipenuhi bungan bewarna kuning.

Note: klo udah punya jawaban, SCROLL DOWN�..

JAWABAN :

 A. Burung Berwarna Biru.

 1. Burung tetap bewarna Hitam.

Menggambarkan bahwa diri anda adalah seorang yang memilik pandangan yang pesimis. Apakah anda cenderung percaya bahwa sekali situasi menjadi buruk, maka tidak akan kembali normal? mungkin anda harus mencoba berpikir, ”jika situasi sudah sangat buruk, maka tidak akan berubah menjadi lebih buruk lagi. Ingatlah tidak ada hujan yang tak berhenti. dan tidak ada malam yang terus gelap dimana tidak ada fajar”.

 2. Burung berubah kembali menjadi biru.

Menggambarkan bahwa diri anda adalah seorang yang Optimis. Anda percaya bahwa hidup adalah campuran dari baik dan buruk. Tidak ada gunanya melawan kenyataan.Anda menerima kemalangan dengan tenang dan membiarkan segala sesuatunya berjalan sesuai dengan jalur tanpa stres dan kuatir. Harapan ini membuat anda menjalani gelombang kemalangan tanpa terhanyut didalamnya.

 3. Burung berubah menjadi Putih.

Mereka yang mengatakan bahwa burung akan berubah warna menjadi putih adalah orang tenang dan tegas dibawah tekanan.Anda tidak perlu menghabiskan waktu hanya untuk resah dan tidak mengambil keputusan ketika krisis timbul.

Jika situasi memburuk, anda merasa lebih baik membuang kekalahan dan mencari cara baru mencapai sasaran daripada berhenti dalam kesedihan yang tak perlu.Pendekatan proaktif ini berarti segala sesuatu secara alami berjalan dengan lancar.

 4. Burung berubah menjadi warna Emas.

Mereka yang berkata burung akan berubah menjadi warna emas,adalah seseorang yang tidak memiliki rasa takut.

Anda tidak mengenal tekanan. Bagi anda, setiap krisis adalah sebuah kesempatan. Anda dapat dibandingkan dengan Napoleon, yang berkata “…Mustahil : Kata itu bukan bahasa perancis.” Tapi berhati-hatilah untuk tidak membiarkan kepercayaan diri yang tidak terbatas mengalahkan anda. Ada batas yang tipis antara tidak memiliki rasa takut dan membabi buta.

 B. Dibawah langit Biru.

 1. Dataran yang dipenuhi salju Putih.

Anda diberkati oleh sensitivitas khusus yang membuat anda mengerti dengan pandangan sekilas dan menguraikan masalah yang rumit tanpa membutuhkan bukti atau penjelasan. anda memiliki kemampuan untuk membuat keputusan dan bahkan menjadi seorang Visioner. Percayailah selalu intuisi anda yang pertama, mereka akan menuntun anda dengan baik.

 2. Lautan Biru

Anda memiliki bakat alami untuk hubungan antar pribadi. Orang-orang menghormati kemampuan anda berkomunikasi dengan orang lain dan cara anda membantu bermacam-macam kelompok bersama-sama. Hanya dengan berada disana, anda membantu orang lain bekerja dengan lebih lancar dan efisien, membuat anda menjadi seorang anggota yang sangat berharga dalam suatu proyek atau tim. Ketika anda berkata ” bagus. teruskan kerja anda yang baik,” orang-orang tahu anda mengatakan yang sebenarnya. Jadi kata-kata itu sangat berarti bagi mereka yang mendengarkannya.

 3. Gunung Yang Hijau.

Bakat anda adalah berkomunikasi yang ekspresif.

Anda selalu dapat menemukan kata-kata untuk mengekspresikan apa yang dirasakan. Orang-orang segera menyadari itu juga sama persis dengan yang mereka rasakan. Mereka berkata bahwa berbagi kebahagiaan semakin menjadi berlipat ganda, sementara berbagi duka membuat kita semakin terpisah. Anda nampak selalu dapat menolong orang lain dan menemukan sisi yang benar dalam komunikasi.

 4. Padang yang penuh dengan bunga berwarna Kuning.

Anda adalah sumber pengetahuan dan kreativitas, penuh dengan gagasan dan potensi yang hampir tak terbatas. Tetaplah menyesuaikan diri terhadap perasaan orang lain dan jangan pernah berhenti membangun mimpi. Tidak ada apapun yang tidak bisa anda capai.


Leave a comment? Don't be a silent reader :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s