Selca atau Selfie? Dan selengkapnya tentang ‘Selca’

Di antara komunitas kpop kebanyakan orang menggunakan selca”.  Namun saat ini, orang-orang di barat dan hampir pada umumnya, menggunakan selfies”. Yang membedakan itu ya itu tadi, satu muncul dari timur, satu muncul dari barat. Kebanyakan yang bingung itu para fans K-pop haha. Tapi ya, biasanya sih trend barat cepet banget menyebar dibanding trend timur yang masih “berkembang”. Di Indonesia sih dulu dinamain “foto narsis” ckckc

Selca nya Siwon sama Selfie nya Justin Bieber

Mana yang kalian suka?

Me: Selca. Tbh, saya lebih dulu kenal sama kata ‘Selca’. And i am never used ‘Selfie’ and never ever will ㅋㅋㅋㅋ

——–

Apa itu Selfie?

Selfie adalah jenis foto potret diri yang diambil sendiri dengan menggunakan kamera digital atau telepon kamera. Foto narsisis sering dikaitkan dengan narsisisme, terutama dalam jejaring sosial. Pose yang digunakan umumnya bersifat kasual, dan diambil dengan menggunakan kamera yang diarahkan ke diri sendiri, atau bisa juga melalui cermin. Objek foto ini biasanya hanya si fotografer atau beberapa orang yang bisa dijangkau oleh fokus kamera. Foto narsisis yang melibatkan beberapa orang disebut dengan “foto narsisis kelompok”.

Apa itu Selca?

Istilah Selca” diperkenalkan oleh netizens Korea yang menggabungkan kata-kata bahasa Inggris Self” dan Camera” bersama-sama. Selca adalah potret diri foto yang dilakukan ketika kamu mengambil foto diri, sendiri atau dengan orang lain. Ini adalah hal yang sama sebagai foto Selfie. Selca biasanya diambil pada jarak lengan (kadang-kadang) dan kadang-kadang dengan bantuan cermin atau teknik lainnya. Selca bukan foto studio, komersial, fancam atau gifs animasi.

Nah, dari defenisinya menunjukkan kalau ‘Selfie’ dan ‘Selca’ sama saja sih sebenarnya :v

——–

Tentang Selca

Bagi fans Kpop, mungkin kalian sudah sangat akrab dengan kata ‘Selca 셀카Sebagian besar bintang Korea terutama kelompok idola melakukan banyak selcas dan posting di twitter atau me2day account mereka. Jadi apa yang di dunia adalah Selca?

Sebelum kamera pada ponsel diciptakan atau harus saya katakan ponsel dengan kamera, lol, siswi sekolah menengah dan SMA sudah banyak menggunakan kamera dan menghubungkannya ke komputer pribadi mereka untuk meng-upload foto diri sendiri tentang apa yang disebut “minihomepage” mereka. Kemudian mereka juga meng-upload gambar pada situs khususdi mana gambar yang mendapatkan sebagian besar perhatian berlabel eolguljjang 얼굴 짱 harfiah wajahterbaik). Hal ini akhirnya menyebabkan eoljjang (얼짱) fenomena. Kemudian istilah lain, 캠 빨 kaemppal, menjadi populer, yang digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang muncul estetis atau menarik secara fisik atau menarik dalam gambar. Ini adalah kombinasi kamera dan Ppal. * Dalam bahasa Inggris kita hanya menyebutnya fotogenik. Istilah lain untuk ini adalah sajinppal 사진빨, (sajinfoto), yang saya kira lebih sering digunakan hari ini.

Ahli Selca
Korea adalah ahli dalam mengambil gambar dari diri mereka sendiri dan membuatnya tampak seperti seorang aktris atau aktor atau orang yang sama sekali berbeda hahahaha. Dalam aplikasi smartphone yang disebut Face World Match, pada dasarnya ini merupakan aplikasi mana gambar profil menjalani semacam turnamen siapa yang tercantik dan paling tampan atau apa pun yang Anda menyebutnya. Dan tentu saja Korea selalu menang untuk kedua kategori, laki-laki dan perempuan.

Strategi selca
Juga, ketika mereka mengambil gambar mereka menganggap unsur-unsur yang berbeda seperti sudut pencahayaan di sepanjang wajah dan posisi kamera. Untuk membuat mata kamu lebih besar dan untuk menunjukkan wajah vbentuk yang kamu harus mempertimbangkan sudut. Mereka mengatakan 45 derajat adalah sudut terbaik. Tentu saja kamu harus mencari angle terbaik. Dan satu-satunya cara untuk tahu adalah praktek setelah semua mereka mengatakan praktek membuat sempurna. ahahahaha. Ditambah dengan user photo editing teknologi ramah berguna baru melalui smartphone kamu, selca pasti akan lebih mudah untuk di eksekusi.

Contoh Selca yang dilakukan oleh artis Korea

[140401] Girls' Generation (SNSD) Gmail Selfies Background (1280x800)
Girls’ Generation
Seohyun, Yuri, Tiffany & Taeyeon from GG
EXO-K & EXO-M
Big Bang
Super Junior
SHINee
f(x)
C.N.Blue
2PM
GDYB
KryBer
TaeNy
JongKey
KhunWoo

 

HunHan
YeWon

 

The King of Selca:

Kalo berbicara tentang The King of Selca, saya juga gak tahu siapa. Tapi kalo kalian cari mesin pencarian gambar Google,kalian akan nemu ini –> The King of Selca

Sekian tentang Selca/Selfie…

🙂

 

 


2 thoughts on “Selca atau Selfie? Dan selengkapnya tentang ‘Selca’

Leave a comment? Don't be a silent reader :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s