Hidup sehat dengan Kedelai

Diantara berbagai pilihan makanan, makanan yang paling gw sukai itu adalah makanan yang manis-manis. Gw paling suka makan yang manis-manis. Mulai dari permen, kue yang manis, cokelat, kembang gula, dan semua yang bisa dijadiin cemilan. Sebagian besar uang kiriman dari ortu bahkan sering habis cuma buat jajan cemilan hahaha.

Hingga akhirnya gw sadar kalau kondisi keuangan gw di akhir bulan seelalu menipis gara-gara jajan cemilan terus. Dan karena kondisi keuangan yang semakin menipis memaksa gw untuk tidak banyak pilih-pilih makanan, apalagi sekarang tinggal di kosan. Kalau biasanya di rumah bisa makan apa aja, di sini beda. Nasi dengan lauk tahu tempe cukuplah. Harganya lumayan murah, tapi gizi di dalam tahu sama tempe itu luar biasa. Kalo hidup udah pas-pasan, misalnya kalo lagi tanggal tua, sebagai mahasiswa yang hidup di kosan kita nggak boleh pilih-pilih makanan.

Satu biji kedelai aja nih udah ada yang namanya protein lengkap, terus juga karbohidrat, serat, lemak sehat dan juga vitamin dan mineral yang penting buat semua kalangan yang pengen hidup sehat.

Buat yang belum tahu manfaat kedelai dan sampai saat ini belum menyukai makanan dari kedelai, mungkin kalau udah liat beberapa list di bawah ini bakalan jadi rajin makan kedelai deh. Apalagi buat kita-kita mahasiswa yang sedang aktif-aktifnya beraktivitas kan?

  1. Kedelai merupakan sumber protein nabati yang terbaik. Tentunya ini bakalan baik buat yang rajin nge-gym dan pengen membentuk tubuh kayak Choi Siwon, Taeyang, Leeteuk atau Kai misalnya Hahaha. Protein yang ada di dalam kedelai yaitu 80% Glysinin ini bisa banget yang namanya bikin kita jadi ANTI-OBESITAS looh
  2. Kedelai dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Ini penting, apalagi buat yang BAB suka nggak lancar. Kedelai itu banyak mengandung serat dan juga lemak baik, rajin-rajinlah mengkonsumsi makanan dari kedelai. Kedelai juga mengandung Glucide yang bisa mengaktifkan bakteri baik Bifido dalam usus🙂
  3. Kedelai dapat menguatkan sistem imun tubuh. Kedelai sangat bermanfaat buat kekebalan dan sistem imun! Bisa bikin kamu jadi nggak gampang sakit.
  4. Kedelai dapat melindungi jantung. Kok bisa sih? Ya karena kedelai itu kaya akan protein, serat, lemak ramah-jantung dan juga micronutrients lain yang rendah lemak jenuh dan juga bebas kolesterol. Food and Drug Administration (FDA) bilang nih, bahwa “25 gram protein kedelai yang kita makan dalam sehari sebagai bagian dari diet rendah lemak dan kolesterol, dapat mengurangi resiko penyakit jantung 10-30%!  Kedelai juga menyingkirkan kolesterol jahat (LD) sebesar 3-5%!” Potasium dan Saponon yang terkandung dalam kedelai juga bisa menurunkan tekanan darah dan mengontrol kolesterol. Ayo buat yang suka emosian karena darah tinggi! Hahaha
  5. Kedelai dapat menambah daya ingat. Ini yang paling penting kali buat mahasiswa-cepet-lupa-sama-kuliah macam gw! Rajin makan kedelai akan bisa menambah kemampuan mengingat. Haha~ jadi nggak ada lagi tuh cerita nggak lulus OSCE karena lupa apa yang diajarkan waktu CSL. Karena kedelai banyak mengandung lemak yaitu Linoleic Acid dan juga Lecithin yang sangat baik buat daya ingat kita!
  6. Kedelai dapat membentuk tulang yang kuat. Kurang tinggi haha. Kedelai adalah pilihan yang tepat buat tulang karena ada kandungan isoflavon dan vitamin K yang penting buat mineralisasi tulang! Gw yakin, kayaknya Sooyoung suka makan kedelai deh dari kecil hahaha. Gak kenal sama Sooyoung? ya sudahlah!
  7. Kedelai dapat menurunkan resiko kanker payudara. Studi jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers, and Prevention mengatakan bahwa kalau kita rajin makan kedelai sejak kecil, maka resiko terkena kanker payudara akan berkurang. Sebenarnya sih semakin dini kita mengkonsumsi kedelai, semakin positif efek yang diberikannya bagi masalah kanker payudara ini. Tapi kan nggak ada ruginya juga mengkonsumsi dari sekarang. Nggak ada kata telat buat memulai hidup sehat kan… Selain kanker payudara, kedelai juga dapat menurunkan resiko kanker prostat loh!

Ini dia 7 Fakta tentang kedelai:

  1. Dibandingkan dengan susu nonfat, kandungan protein kedelai dua kali lebih banyak. Jadi pas banget kan buat kita-kita yang mau menjaga proporsi tubuh, nggak mau gemuk ataupun menjaga berat badan!
  2. Jika dibandingkan dengan satu cangkir brokoli segar, setengah cangkir kedelai memiliki kalsium lebih banyak. Kalau brokoli satu cangkir itu kalsiumnya 62 mg, nah kedelai bisa 88 mg. Banyak kan dari kita yang emang nggak suka makan sayuran hijau, brokoli terutama. Mungkin karena rasanya agak-agak aneh gitu dilidah, daripada merasa tersiksa, mending makanin kedelai aja. Bisa lebih banyak dapet kalsium dan bisa lebih kuat gigi dan tulang.
  3. Kedelai juga ternyata memiliki serat, zat besi dan potasium lebih banyak dibandingkan ayam. Ternyata ada juga ya makanan yang bisa menggantikan gizi yang terkandung di dalam ayam.
  4. Serat, priteu dan vitamin K dalam kedelai utuh lebih banyak dibandingkan oatmeal atau sejenis sereal. Nah, ini penting! Jangan cuma kemakan iklan yang banyak melanglang buana di TV kita xD
  5. Walaupun jumlah serat kedelai dan roti gandum itu sama, tapi sekali lagi, kedelai itu satu paket dengan lebih banyak zat besi, antioksidan dan potasium🙂
  6. Buat yang hobi makan pisang, ternyata potasium dalam kedelai sama loh jumlahnya sama pisang. Hanya saja, dalam kedelai potasium tidak sendiri masuk ke dalam tubuh melainkan bersamaan dengan protein, serat dan juga zat besi.
  7. Yang terakhir tapi tetap bermanfaat, ternyata serat, kalsium, zat besi dan magnesium yang terkandung dalam kedelai utuh lebih besar jumlahnya daripada yang terkandung dalam ikan salmon! Nah kan yang murah meriah belum tentu nggak banyak gizinya. Jadi pilih mana makan salmon atau makan kedelai? Sebagai anak kosan, pilih kedelai aja deh… lebih murah. Hahahaha…

Selain banyak banget manfaat dari segi kesehatan dalam tubuh, tepung kedelai juga mengandung banyak zat Isoflavon loh! Isoflavon adalah salah satu senyawa nabati yang disebut fitoestrogen yang memiliki aktivitas sama seperti estrogen tetapi sangat berbeda dengan estrogen manusia. Fitoestrogen sendiri kan berarti estrogen yang berasal dari tanaman. Nah isoflavon ini positif banget pengaruhnya dalam kesehatan nggak cuma buat cewek tapi juga buat cowok! Dalam kedelai sendiri, kandungan isoflavon sekitar 2-4 mg/g kedelai.

Khasiat buat kulit karena isoflavon ini serupa hormon estrogen yaitu bisa menjaga kekenyalan kulit dan menghambat laju penuaan dini. Keren banget kan! Makanya, buat yang pengen kulitnya terlihat mulus kayak member SNSD #hahaha, banyak-banyaklah makan makanan dari tepung kedelai karena kandungan isoflavon di tepung kedelai itu ternyata lebih baik sampai 6-7 kali lipat dibandingkan susu kedelainya sendiri. Mungkin karena kalau susu kedelai, banyak bagian ampas yang kebuang kali ya?

BTW, ada produk yang namanya SoyJoy. Udah coba belum? gw baru beberapa hari ini coba dan gw suka hehehe. Walaupun kata temen-temen rasanya nggak enak dan aneh, tapi menurut gw rasanya enak kok! makan Soyjoy memang praktis. Kita nggak harus repot-repot buat masakan dari tepung kedelai, tapi cukup dateng ke toko terdekat dan bisa beli deh. Ya, sangat gampang, apalagi gw gak bisa masak hahaha

Soyjoy juga mengandung buah-buahan kering yang juga mengandung nutrisi penting kayak misalnya protein, serat, vitamin dan mineral. Tepung kedelai dan buah-buahan ini bukankah perpaudan klop yang sangat sehat?. Pengolahan Soyjoy melalui proses oven bake dengan suhu tinggi untuk mempertahankan rasa dan kandungan nutrisi secara alami. Karena itulah Soyjoy tahan banget disimpan sampai 10 bulan TANPA BAHAN PENGAWET! Daripada makan cemilan yang dikasih pengawet, MSG, nggak sehat, bumbu-bumbu yang berlebihan, ribet dan bikin zat kimia numpuk di badan, mending makan Soyjoy aja… praktis, enak dan ngemil Soyjoy ini nggak menggemukkan! Karena Soyjoy adalah makanan dengan Glikemik Index/GI yang rendah!

Glikemik Indeks  atau disingkat GI ini adalah istilah buat tingkatan pangan yang berada dalam skala 0 (nol) sampai dengan 100 (seratus) menurut efeknya terhadap kadar gula darah di tubuh kita. Simpelnya adalah, bahwa makanan yang nilai GI nya tinggi  akan bisa menaikkan kadar gula darah kita dengan cepat. Nah hal ini berlaku sebaliknya, makanan dengan GI yang rendah akan lambat menaikkan kadar gula darah dalam tubuh kita🙂 Kesimpulannya tentu saja, kalau kita kebanyakan makan makanan yang High GI, maka kita akan sangat mudah terkena diabetes. Maka dari itu, kita sebaiknya mengurangi porsinya. Bukan menghindari loh ya, tapi menjaga asupannya supaya terkontrol.

Ada yang High, tentu saja ada juga yang tingkatannya Medium GI🙂 Yang satu ini berada dalam kategori average. Tingkat GI nya juga rata-rata dan kebanyakan makanannya sering banget kita konsumsi.

Untuk makanan-makanan yang Low GI yaitu makanan yang sangat dianjurkan buat kamu yang emang berniat menjaga berat badan dan postur tubuh ideal kamu, yuk nikmati makanan-makanan dibawah ini karena terjamin banget untuk dinikmati tanpa harus takut gemuk. Tapi tetap dalam batas normal dong ya🙂

Pengenalan karbohidrat berdasarkan nilai GI ini penting loh guys sebagai acuan kamu dalam menentukan jumlah dan jenis makanan sebagai sumber karbo yang tepat untuk menjadi sehat dan tentu saja menjaga berat badan kamu. Semakin cepat karbohidrat yang kamu makan diserap oleh tubuh, maka GI nya akan semakin tinggi (oh makanya itu Semangka termasuk High GI karena 90% nya kan air xD), penyerapan yang cepat inilah yang pada akhirnya menimbulkan rasa lapar yang cepat yang pada akhirnya membuat kita malah cenderung mengkonsumsi pangan secara berlebihan🙂 Kalau karbo yang kamu makan diserap perlahan, glukosa yang dilepaskan juga secara bertahap ke aliran darah dalam tubuh, maka dari itu makanan-makanan ini dikategorikan sebagai Low GI. Pelepasan karbohidrat yang bertahap inilah yang membuat glukosa mampu memberikan tenaga sebatas yang diperlukan sehingga nggak akan disimpan sebagai lemak dalam tubuh kamu! Makanya itu, makanan-makanan Low GI akan sangat membantu menjaga berat badan kamu.

SOYJOY ini termasuk dalam kategori makanan LOW GI dengan nilai Indeks 23 – 28 dari skala 0 – 100 jadi kamu nggak perlu kuatir gemuk deh kalau makan Soyjoy!

Kalau kamu emang mau hidup sehat dan menjaga berat badan kamu, lebih baik kamu  mengkonsumsi makanan Low GI yang berkarbo rendah🙂 Kalau emang kamu males buat nyari makanan-makanan tadi, simple aja, tinggal ke toko terdekat dan beli SOYJOY! Karena Soyjoy terbuat dari tepung kedelai rendah lemak dan tentunya juga sehat dipadu dengan buat-buahan keirng yang LOW GI! Kamu bisa pilih lima rasa sesuai selera kamu: Hawthorn Berry, Raisin Peanut, Apple, Mango-Coconut dan Strawberry!

Gw udah pernah nyoba rasa Hawthorn Berry sama Raisin Peanut🙂 Enak loh!

Waktu gw cerita soal Soyjoy ke teman gw, katanya dia mending lebih pilih makanan yang lain soalnya harga Soyjoy tuh mahal. Emang sih harganya kemahalan bagi kantong mahasiswa apalagi mahasiswa sekere gw, tapi kan kandungan nutrisi yang ada sama Soyjoy setimpal lah dengan harganya. Memang masih banyak makanan yang lebih murah, tapi apakah nutrisi di dalamnya mencukupi?. SEHAT itu MAHAL harganya!. Makanya mulai sekarang kita jaga yang namanya kesehatan, jangan tunggu sampai sakit ya Guys~

Nah, sekarang terserah kamu mau konsumsi kedelai atau tidak. Itu semua pilihan, termasuk mau konsumsi kedelai dalam bentuk apa. Mau tempe, tahu, susu kedelai, muffin dan lain-lain. Tapi kalo mau yang lebih PRAKTIS ya Soyjoy! hehe


Leave a comment? Don't be a silent reader :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s