Jadilah kerang mutiara !

TokoonBlog

Ada pepatah yang bilang “jadilah sebuah kerang mutiara, karena kerang mutiara harus berjuang melawan rasa sakit dahulu, kemudian menghasilkan sesuatu yang indah”. saya selalu penasaran kenapa kerang mutiara harus melawan rasa sakit dahulu, karena setiap saya liat di film kartun atau bahkan game yang saya mainkan, kerang selalu terbuka dalam periode tertentu dan menghasilkan mutiara, saya berpikir bahwa kerang memang menghasilkan mutiara yang indah. dan ternyata, setelah saya melakukan penelitian online, saya mendapat jawabannya. Berikut penjelasan tentang proses pembuatan mutiara yang alami :

Secara alami, mutiara terbentuk karena sebuah proses iritasi di dasar laut terhadap kerang, Fenomena adanya sebuah iritasi ini sering juga ditafsirkan dengan masuknya pasir atau benda kecil lainnya ke dalam kerang. Kemudian benda ini akan terbungkus nacre sehingga jadilah mutiara.Nacre adalah senyawa utama yang terdapat pada hewan bertubuh lunak yang berfungsi sebagai pelindung dari gangguan seperti masuknya pasir ke dalam kerang tersebut. Pada prinsipnya ketika sebutir pasir…

View original post 196 more words


Leave a comment? Don't be a silent reader :)

