Kapan Mie Instan Lahir ke Dunia?

Mie instan adalah mie yang sudah dimasak terlebih dulu dan dicampur dengan minyak, serta bisa dipersiapkan untuk konsumsi hanya dengan menambahkan air panas dan bumbu yang sudah ada dalam paketnya. Mie instan lahir ke dunia pada tahun 1958, setelah diciptakan oleh Momofuku Ando dari Jepang.

Momofuku Ando, sang pencipta mie instan, kemudian mendirikan perusahaan Nissin, dan memproduksi mie instan pertama di dunia dengan nama Chicken Ramen rasa ayam. (Ramen adalah sejenis mie Jepang). Kemudian, pada tahun 1971, perusahaan Nissin memperkenalkan mie dalam gelas, bermerek Cup Noodle. Kemasan mie gelas ini menggunakan styrofoam tahan air, yang bisa digunakan untuk memasak mie tersebut. Dalam perkembangannya kemudian, mie gelas dilengkapi sayuran kering.

Menurut survei di Jepang pada tahun 2000, mie instan adalah ciptaan terbaik Jepang abad ke-20. (Karaoke di urutan kedua, dan CD di urutan ketiga). Hingga 2002, setidaknya ada 55 juta porsi mie instan dikonsumsi setiap tahun di seluruh dunia.

Saat ini, Indonesia adalah produsen mie instan yang terbesar di dunia. Dalam hal pemasaran, pada tahun 2005 Tiongkok menduduki tempat teratas, dengan 44,3 milyar bungkus, disusul Indonesia dengan 12,4 milyar bungkus, dan Jepang dengan 5,4 milyar bungkus. Namun, Korea Selatan mengonsumsi mie instan terbanyak per kapita, dengan rata-rata 69 bungkus per tahun, diikuti Indonesia dengan 55 bungkus, dan Jepang dengan 42 bungkus.

^^


Leave a comment? Don't be a silent reader :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s