Efek yang timbul dari menahan rasa Lapar

 1. Jika tubuh tidak mendapatkan asupan makanan selama 4 jam maka tubuh akan menggunakan cadangan glukosa untuk membantu fungsi otak.

2. Setelah 8 jam tubuh mulai menggunakan glikogen yang disimpan di hati untuk mengekstrak energi, proses ini disebut dengan glikogenolisis yang mana mengubah glikogen menjadi glukosa.

3. Jika tubuh tidak mendapatkan asupan makan selama 12 jam maka akan menggunakan glikogen yang disimpan dalam otot, selain itu tubuh juga menggunakan lemak yang tersimpan.

Selain mempengaruhi fisik, menahan lapar dalam jangka waktu lama juga berdampak pada fisiologis, emosional dan fungsi kognitif. Umumnya ia akan merasa kelelahan, pusing, mengantuk, rambut rontok serta kulit menjadi cepat kering.

Jika kebiasaan menahan lapar ini dilakukan setiap hari maka bisa menimbulkan konsekuensi yang serius seperti kelemahan otot, ketidakseimbangan elektrolit, sembelit, mudah merasa dingin, perubahan tekanan darah, menurunnya sistem kekebalan tubuh, detak jantung yang tidak teratur hingga gagal ginjal.

Sedangkan dampak terhadap emosionalnya adalah menjadi lebih sensitif, mudah marah, depresi dan kegelisahan. Jika dibiarkan bisa mengakibatkan masalah mental yang lebih serius seperti kehilangan emosi dan kemampuan kognitif yang rusak



KELAPARAN
semoga bermanfaat

Leave a comment? Don't be a silent reader :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s