GAYA DAN MEKANIKA

A.      Pengertian
Gaya adalah dorongan atau tarikan yang menyebabkan suatu benda bergerak. Mekanika adalah ilmu yan mempelajari gaya suatu benda serta efek dalam gaya itu. Usaha adalah gaya yang diberikan ketika sesuatu kerja dilakukan atau besarnya gaya yang bekerja pada suatu benda sehingga benda tersebut mengalami perpindahan sedangkan energy adalah suatu kemampuan melakukan kerja (usaha).
B.      Tujuan
1)      Mahasiswa mampu memahami tentang gaya dan mekanika
2)      Mahasiswa mampu mendemonstrasikan aplikasi gaya dan mekanika dalam praktik keperawatan
3)      Mahasiswa mampu mendemonstrasikan mekanika tubuh yang benar
4)      Mahasiswa mampu memahami tentang grvitasi dan pusat gravitasi
C.      TOPIC TREE
D.     Alat dan Bahan
1)      Kursi roda
2)      Kursi
3)      Kotak atu benda lain
  
E.      Prosedur kerja
1)      Mintahlah orang coba berdiri tegak denan postur tubuh yang benar. Kemudian  condongkan orang coba ke depan. Apa yang orang coba rasakan? Yang dirasakan yaitu pusing karena peredaran darah mengalir ke system saraf serta otak.
2)      Mintahlah orang coba berdiri dengan satu kaki. Apa yang orang lakukan ? yang orang coba rasakan yaitu keseimbangan tidak stabil karena hanya berdiri pada satu kaki saja
3)      Mintahlah orang coba duduk tegak di kursi dengan punggung bersandar ke kursi. Cobalah bangkit tanpa merubah posisi duduknya. Apa yang oran coba rasakan? Mengalami kesulitan karena titik tumpuhnya berada di pinggul.
4)      Mintahlah orang coba duduk tegak dengan punggun bersandar ke kursi, cobalah bangkit dari kursi dengan cara yang normal. Apa yang orang coba rasakan? Lebih mudah untuk berdiri karena titik tumpuhnya berpindah dari pinggul ke lutut.
5)      Mintahlah orang coba mendorong sebuah kursi roda pada arah lurus kedepan dan pada arah bila harus berbelok. Jelaskan mekanisme yang terlibat pada kedua hal tersebut? Yaitu menambah gaya pada bahu sesuai dengan arah belok , misalnya belok kiri maka gaya yang ditambah padabahu kiri, begitu pun sebaliknya jika belok kanan.
6)      Mintahlah orang coba mendorong sebuah kursi mendorong sebuah benda yang memiliki roda dengan benda yang tidak memiliki roda. Jelaskan mekanisme yang terlibat pada kedua hal tersebut? Yaitu gaya gesekan pada roda lebih kecil Karena permukaannya lebih licin dibandinkan kursi yang tidak memiliki roda gaya geseknya lebih besar Karena permukaannya lebih kasar.
7)      Mintahlah orang coba mengangkat suatu benda, mengapa mengapa kedua kaki harus terbuka lebar saat mengankat benda. Jelaskan tentang keuntungan mekanikanya bandingkanlah saat posisi condong saat menangkat benda? Yaitu karena semakin di sempitkan kaki maka tekanan semakin bnyak di kaki, sedangkan semakin dilebarkan kaki maka tekanan berada pada paha dan kaki sehingga memudahkan mengankat barang.
8)      Mintahlah orang coba membawa suatu kotak dengan jarak satu lengan dari tubuh dan bandingkan dengan membawa suatu kotak sedekat mungkin dengan tubuh. Jelaskan prinsip keduanya ? yaitu jika beben di bawa sejauh lengan, maka jarak antara beban dan titik tumpuh ( bahu ) menjadi besar dan gaya pembalik yang dihasilkan cukup signifikan, sedangkan dengan membawa beben sedekat mungkin dengan tubuh, maka jarak akan berkuran dengan signifikansi, sehingga gaya pembalik berkurang.
F.       Istilah – istilah / Kata Kunci
1)      Gaya gesek            : yang berarah melawan benda atau arah kecenderungan benda akan bergerak atu gaya yang melawan pergeseran dua permukaan benda.
2)      Ligamen leher       : jaringan berbentuk pita
3)      Ulkus dekubitus     : kerusakan/kematian kulit
4)      Lubrikasi                : pelumas
5)      Mekanika              : gerakan suatu benda serta efek dalam tarikan itu
6)      Gaya                      : dorongan atu tarikan yang menyebabkan suetu benda bergerak.
7)      Gravitasi                : kekuatan yang menarik semua benda untuk tetap berada di atas permukaan
8)      Tekanan                : gaya yang memperluas permukaan suatu area.
9)      Usaha                    : gaya diberikan ketika suatu benda yang dilakukan
10)  Energy                   : kemampuan melakuan kerja (usaha).
11)  Pusat gravitasi      : suatu titik tumpuh.
G.     Pertanyaan dan Jawaban Penting
1)      Jelaskan hubungan antara gaya gesek tekanan dan usaha?
Jawab : karena semakin kecil gaya gesek benda maka kecil juga usaha yang di gunakan tetapi apabila gaya geseknya besar maka usaha yang di butuhkan pada suatu benda besar juga usaha yang di pakai.
2)      Mengapa pada saat kaki tertutup rapat sulit untuk mengangkat sasuatu dari pada kaki kaki terbuka?
Jawab : karena semakin di sempitkan kaki maka tekanan semakin benyak di kaki, sedangkan semakin dilebarkan kaki maka tekanan berada di paha dan kaki sehingga memudahkan mengangkat barang.
3)      Mengapa gaya yang di perlukan untuk mengangkat suatu benda?
Jawab : karena gaya merupakan suatu doronga atau tarikan yang menyebabkan suatu benda bergerak.
4)      Pada daerah manakah yang ditambahkan gaya ketika kita mendorong kursi roda lalu mengarah berbelok?
Jawab: menambah gaya pada bahu sesuai dengan arah belok , misalnya belok kiri maka gaya yang ditambah padabahu kiri, begitu pun sebaliknya jika belok kanan.
5)      Mengapa pada saat seseorang duduk tegak di kursi dengan punggu bersandar di kursi sesek orang akan kesulitan untuk bangkit tanpa mengubah posisi tubuh ?
            Jawab : karena titik tumpuh beban berada pada pinggul.
H.     Informasi Tambahan
1)      Macam-macam Gaya yaitu:
a)      Gaya nuklir kuat yaitu Gaya nuklir (kuat): Gaya nuklir adalah gaya yang mengikat nukleon (proton dan neutron) dalam inti. Partikel yang berperan sebagai pembawa gaya kuat adalah pion.
b)      Gaya Gravitasi: Merupakan gaya yang terlemah diantara gaya yang ada. Perbandingan kekuatan relatif antara gaya elektromagnetik dan gaya gravitasi adalah sebesar 10^40. Gaya gravitasi merupakan gaya dominan di alam semesta karena gaya inilah yang mengikat suatu planet agar beredar dalam orbitnya. Newton menemukan gaya gravitasi ketika sedang bersandar di bawah pohon buah apel ketika sebiji buah apel jatuh dari pohonnya. Menurut Model Standar, partikel pembawa gaya gravitasi adalah graviton.
c)      Gaya elektomagnetik yaitu Gaya Elektromagnetik: Gaya ini merupakan penyatuan dari interaksi listrik dan magnetik. Gelombang yang dihasilkannya (gelombang elektromagnetik) merupakan solusi dari persamaan differensial parsial (Persamaan Maxwell). Gaya gesek yang dihasilkan dari sol sepatu dan lantai merupakan interaksi elektromagnetik. Partikel yang membawa gaya elektromagnetik adalah foton.

Gaya lemah adalah interaksi dari partikel W(+/-) atau Z(0) (tanda dalam kurung merupakan muatan partikel). Gaya ini juga dikenali sebagai interaksi lemah atau gaya nuklir lemah karena kekuatan relatifnya adalah 1/100000000000 dari interaksi elektromagnetik. Efek dari gaya lemah adalah peluruhan beta
semoga bermanfaat tolong di comment


Leave a comment? Don't be a silent reader :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s