Mitos dalam Dunia Kesehatan

Jangan pernah memotong bagian kerak roti
Sebagian masyarakat tentu percaya kerak roti atau bagian atas roti mengandung banyak vitamin.
Faktanya :
sebuah studi di Jerman tahun 2002 mengungkap keberadaan tidak mengandung vitamin lebih banyak. Sebaliknya, peneliti justru menyarankan agar mengkonsumsi roti tanpa kerak. Pasalnya, roti tanpa kerak dan terutama terbuat dari gandum mengandung delapan kali lebih banyak antioksidan. Karena itu, peneliti menyarankan agar konsumen memperhatikan bahan pembuatan roti. Hal itu disebabkan kebanyakan roti yang berlabel gandum biasanya dibuat dengan campuran tepung yang diperkaya dan tepung gandung utuh yang minim serat.

Jika rambut kamu basah maka kamu bakal masuk angin
Faktanya :
pakar kesehatan Jims Sears mengatakan dari riset yang dilakukan di Inggris dimana setengah kelompok dibiarkan dalam ruangan hangat sedangkan sisanya berada di lorong dengan kondisi basah kuyup dan berkaus kaki basah. Setelah beberapa jam, kelompok yang berada di lorong tidak mengalami pilek atau flu.
“Kedinginan belum tentu mempengaruhi sistem kekebalan secara langsung,” ungkapnya.

Jika mata kamu juling, akan tetap juling
Faktanya :
“Tidak ada virus atau bakteri yang menyebabkan mata juling,” ungkap pakar mata, University of Cincinnati, Walker Motley. Jika anak-anak melakukan gerakan mata juling bukan karena meniru karakter kartun maka dimungkinkan anak tersebut tengah mengalami gangguan penggleihatan mata.

Kamu perlu makan ketika kedinginan dan meminum banyak air ketika demam
Hal yang seharusnya adalah menjaga cairan tubuh merupakan hal terpenting yang harus dilakukan. Ketika seseorang kehilangan banyak cairan maka semakin mudah terkena penyakit. Meski demikian, seseorang tidak perlu mengkonsumsi minuman elektrolit bila tidak mengalami dehidrasi atau diare.
Menelan permen karet akan tertinggal dalam perut selama tujuh tahun
Faktanya :
permen karet yang tertelan akan keluar dari perut ketika seseorang buang air besar. Dokter senior Children’s Hospital of Philadelphia, David Pollack mengatakan cairan dalam tubuh akan membawa permen karet menuju usus sebelum akhirnya dibuang.
” Meskipun permen karet tidak akan terurai dalam sistem pencernaan, namun tidak akan menyebabkan sakit perut,” ungkapnya.

Konsumsi apel sehari menghindarkan seseorang bertemu dokter
Faktanya :
mengkonsumsi blueberry jauh lebih efektif membuat tubuh senantiasa bugar. Hal itu disebabkan blueberry mengandung banyak gizi, antioksidan, dan kaya serat. Karena itu, blueberry banyak digunakan sebagai bahan pembuat sereal atau yogurt. Selain itu, Blueberry yang dikombinasikan dengan sayuran dapat mencegah seseorang terkena penyakit Jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes.

Kamu kehilangan 75 persen panas tubuh melalui kepala
Mitos macam itu berkembang karena keharusan kepala bayi yang baru lahir ditutupi ketika cuaca dingin. Hal itu dibenarkan, karena ukuran bayi memiliki prosentase lebih besar daripada bagian tubuh lainnya. Akantetapi ketika dewasa, keluarnya panas melalui kepala hanya 10 persen. Sisanya panas tubuh keluar melalui kaki, lengan dan tangan. Oleh karena itu, bagi orang dewasa disarankan untuk mengenakan sarung tangan ketimbang penutup kepala ketika cuaca dingin tiba.
Untuk menghilangkan cegukan, harus ada seseorang yang mengagetkan
Faktanya :
Pollack mengatakan cara menangani cegukan yang benar adalah kunyahlah satu sendok teh gula pasir. Dari riset yang dipublikasikan The New England Journal of Medicine disebutkan 19 dari 20 partisipan yang mencoa cara ini sembuh dari cegukan.

Konsumsi ikan membuat kamu lebih cerdas
Faktanya :
konsumsi ikan terutama ikan salmon pada usia pertumbuhan sangat direkomendasikan. Pasalnya, ikan salmon mengandung omega-3 yang penting dalam perkembangan otak, kognitif dan ketajaman penglihatam. Sebuah studi yang dipublikasikan Clinical Pediatrics tahun 2008 mengungkap pemenuhan DHA melalui konsumsi omega-3 sangat penting dalam membantu anak-anak meningkatkan pemahaman dan penambahan kosa kata. Selain ikan, omega-3 juga bisa diperoleh pada alpukat, kenari dan minyak kanola.

Kamu dilarang berenang selesai makan
Faktanya :
setelah makan justru dibolehkan mengingat otot mendapatkan pasokan nutrisi. Sebaliknya Sears mengatakan berenang dalam keadaan perut kosong menyebabkan seseorang mudah kram dan menghambat kinerja otot kamu.

Setiap anak membutuhkan multivitamin tambahan
Faktanya :
anak-anak perlu mendapatkan ASI esklusif selama setahun. Selain itu, anak-anak juga mendapatkan banyak vitamin ketika mereka berinteraksi dengan sinar matahari dan udara.
“Anak-anak anda akhirnya mendapatkan apa yang mereka butuhkan dengan hanya menghirup udara dan sinar matahari,” kata COhen.

Meminum susu hangat menyebabkan kamu mudah tertidur
Faktanya :
susu hanya mengandung sejumlah kecil tryptopan, asam amino yang menyebabkan seseorang mengantung. Psikolog Klinis, Michael Breus dari Arizona menuturkan seseorang baru tertidur ketika mengkonsumsi susu satu galon.
“Hal yang dapat membantu anak-anak tertidur adalah mengipas-ngipasi anak. Sedangkan susu hanyalah satu bagian dari proses membuat anak tertidur,” kata dia.

Masuk Angin
Mungkin anda sering mendengar keluhan seperti ini, “aduh saya masuk angin nih, tadi habis kehujanan” Keluhan itu semacam itu bahkan dijadikan semacam pembenaran bagi kebanyakan orang, bahwa air hujan penyebab masuk angin. Benarkah? Kalau benar, kasihan sekali nasib para perenang yang setiap harinya harus jebar-jebur dengan air. Pasti mereka setiap hari masuk angin. Yang jelas penyakit-penyakit flu semacam itu disebabkan oleh bakteri influenza bukan oleh air hujan. Kehujanan dan kedinginan mungkin dikira sebagai pemicu utama penyakit masuk angin atau flu, padahal disebabkan oleh virus atau mungkin memang kondisi badan yang lagi tidak sedang fit dan sehat.

Kolesterol Penyakitnya Orang Kaya

Pada dasarnya setiap orang punya kadar kolesterol di dalam tubuhnya. Bukan orang kaya saja yang punya kolesterol tapi semua orang yang hidup pasti punya. Hanya saja kadarnya yang berbeda. Penyebab kolesterol tertinggi biasanya dari pola makan yang tidak sehat seperti makan gorengan atau makanan yang mengandung jenuh tinggi. Bahkan orang kurus pun bisa mengidap kolesterol tinggi dengan diukur dari kadar fat di dalam tubuh. Masakan mengandung kari santan, goreng-gorengan dengan minyak bekas, dan sajian junk/fast food lainnya dapat dimakan oleh siapap pun bukan?

Membaca di Tempat Redup
Bagi anda yang hobi membaca pasti pernah ditegur oleh orang tua atau teman anda, “Jangan membaca di tempat gelap, nanti mata jadi rusak”. Penelitian terbaru yang dilakukan oleh  Aaron Carroll dan assisten professor pediatric di Regenstrief Institute, Indianapolis dan Rachel Vreeman yang dimuat British Medical Journal (21/12/07) menyimpulkan, membaca di tempat redup tidak akan menyebakan kerusakan permanent pada mata. Resiko yang paling mungkin terjadi adalah sulit fokus ketika membaca dan lebih sering berkedip. Mata akan juga cepat lelah karena lebih sering memicingkan mata.

Sering Mencukur Mengakibatkan Bulu Tumbuh Lebih Lebat dan Kasar

Ini hanya perasaan saja. Setiap kita mencukur kita pasti merasa bulu yang tumbuh di kemudian hari lebih lebat dan lebih banyak. Padahal tidak sama sekali. Ternyata menghilangkan bulu tubuh dengan mencukur tidak menyebabkan bulu akan menjadi lebih cepat tumbuh dan lebih kasar. Namun bulu baru yang tumbuh meruncing karena di cukur memberi kesan lebih kasar dan tajam dari bulu yang tidak dicukur.

Memakan Kalkun Mengakibatkan Kantuk
Rasa kantuk seseorang disebabkan oleh kandungan tryptophan atau asam amino dalam tubuh. Hal ini terkait karena daging kalkun mengandung amino acid yang disebut trytophan yang mempengaruhi saraf tidur dan emosi Anda. Namun, kandungan trytophan dalam kalkun tidak lebih banyak dari trytophan yang terkandung dalam, ayam atau daging cincang. Kebiasaan makan dan minum berlebihan terutama saat pestalah yang membuat Anda mengantuk.

Rambut dan Kuku Tetap Tumbuh Meski Manusia Mati
Ini mungkin termasuk mitos yang sering kita dengar. Padahal sama sekali tidak. Ketika manusia mati, maka seluruh zat dan fungsi organ pun turut mati. Jadi tidak benar kuku atau rambut terus memanjang bila manusia mati. Ini terjadi karena setelah manusia mati, maka kulit mengering dan susut tertarik ke dalam, sehingga kuku atau rambut tampak menjadi panjang.

Telepon Seluler Berbahaya Digunakan di Rumah Sakit

Sejumlah penelitian hanya menemukan gangguan minimal terhadap peralatan kesehatan. Meskipun banyak yang mengatakan sinyal ponsel dapat mengacaukan mesin-mesin perlengkapan kesehatan di rumah sakit, penelitian ini memiliki hasil sebaliknya. Signal ponsel tidak terlalu memberi pengaruh pada perlengkapan kesehatan tersebut.

Anjuran untuk minum delapan gelas dalam sehari
Satu mitos lagi adalah kebutuhan untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari. Meski memang baik untuk tubuh, namun penelitian yang dilakukan oleh Aaron Carroll, seorang asisten profesor Pediatrics di Insitutut Regenstrief dan Rachel Vreeman, rekan peneliti di pusat penelitian kesehatan anak-anak di Indiana University School of Medicine, tidak menemukan hasil penelitian yang menuliskan 1 hari harus mengkonsumsi 8 gelas air putih. Mungkin tidak harus pasti 8 gelas, tetapi mengkonsumsi air putih semakin banyak memang menyehatkan. 

(dikutip dari berbagai sumber)
semoga bermanfaat tolong di comment

Leave a comment? Don't be a silent reader :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s